Sejarah WRC

Didirikan pada tahun 1973, FIA World Rally Championship (WRC) adalah kompetisi epik melawan elemen dan waktu. Rally ini menampilkan mobil-mobil berperforma tinggi yang berasal dari kendaraan produksi dan beberapa pembalap terbaik dunia

Didirikan pada tahun 1973, FIA World Rally Championship (WRC) adalah kompetisi epik melawan elemen dan waktu. Pameran ini menampilkan mobil-mobil berperforma tinggi yang berasal dari kendaraan produksi dan beberapa pembalap terbaik dunia yang bersaing dalam lingkungan yang dramatis: manusia dan mesin harus menguasai segalanya mulai dari trek hutan dalam kondisi musim dingin, jalan aspal berkecepatan tinggi hingga lintasan gunung yang dipenuhi bebatuan dalam panas terik. 

Musim 2020 sekali lagi menghadirkan pertarungan yang tak terduga dan menggigit kuku untuk gelar. Seperti pada 2019, beberapa pembalap muncul sebagai penantang gelar utama – juara enam kali Toyota Sébastien Ogier dan rekan setimnya Elfyn Evans, Ott Tänak dari Hyundai dan Thierry Neuville. Selama satu musim yang tiada duanya setelah gangguan yang disebabkan oleh pandemi virus corona, lika-liku tujuh ronde menghasilkan titik tertinggi dan titik terendah yang menghancurkan, mengubah wajah acara kejuaraan demi acara. Pertarungan mendebarkan berakhir dengan pertarungan head-to-head terakhir antara Ogier dan Evans dalam babak final kejuaraan yang penuh peristiwa di ACI Rally Monza. 

Akhirnya, Sébastien Ogier dan co-driver Julien Ingrassia telah memastikan tempat mereka dalam sejarah olahraga motor dengan mengklaim gelar dunia ketujuh mereka dalam delapan musim. Pasangan Prancis kini telah memenangkan mahkota WRC dengan tiga pabrikan berbeda, kali ini di tahun pertama mereka bersama Toyota Gazoo Racing. Hyundai Motorsport telah mengamankan gelar FIA WRC Manufacturers untuk kedua kalinya berturut-turut menyusul hasil podium ganda di Italia.

Baca Juga  Tanjung Lesung Rame Peserta

Pada tahun 2021, aksi FIA WRC telah diluncurkan dengan 12 aksi unjuk rasa di empat benua. Menyusul pembatalan mereka pada tahun 2020 karena COVID, kembalinya Safari Rally Kenya, salah satu kontes legendaris motorsport, dan Rally Japan hadir di dua benua terbesar di dunia berdasarkan ukuran untuk pertama kalinya dalam lebih dari dua dekade.

Di sisi pengemudi, Ogier berada di urutan #1 di Toyota Yaris WRC-nya dan mengejar delapan gelar dalam sembilan musim. Dia sekali lagi bergabung dengan runner-up kejuaraan 2020 Elfyn Evans, mendambakan rasa pertama dari kejayaan kejuaraan, serta pembalap yang sedang naik daun Kalle Rovanper dalam line-up Toyota yang tidak berubah. Thierry Neuville memimpin serangan Hyundai bersama dengan juara 2019 Ott Tänak. Pembalap Belgia memulai musim 2021 dengan Martin Wydaeghe di kursi co-driver setelah memutuskan untuk berpisah dengan navigator jangka panjang Nicolas Gilsoul. Dani Sordo dan Craig Breen dimasukkan untuk bagian kampanye di i20 Coupe WRC. 

Dalam skuad M-Sport, Gus Greensmith mengikuti kampanye penuh pertamanya dengan Ford Fiesta WRC dan berniat untuk memanfaatkan musim penuh pertamanya dengan mobil berspesifikasi teratas. Dalam Ford Fiesta WRC kedua, Teemu Suninen dan pemuda Prancis, Adrien Fourmaux akan mengikuti program bersama tahun ini. 

Pierre-Louis Loubet telah memulai kampanye penuh pertamanya di atas Hyundai i20 Coupe WRC yang diikuti oleh tim Kompetisi 2C, sementara Takamoto Katsuta dari Jepang juga memulai musim penuh pertamanya di Toyota Yaris WRC keempat tambahan.

Semua tim memiliki calon pemenang reli di antara skuad mereka pada tahun 2021 dan prediksi siapa yang akan naik podium pada puncak Reli Jepang pada bulan November akan menjadi suatu hal yang membingungkan. 

Baca Juga  Daniel Zebedeus dan Indra Artanto Mencoba Polaris di Stage Park

Menjelang akhir musim, WRC akan mengucapkan selamat tinggal pada kelas 1997: Mobil Reli Dunia. Mulai tahun depan, generasi baru mesin bertenaga hybrid kelas atas akan diberi label Rally1.

Musim 2021 menawarkan WRC kesempatan untuk mengingat beberapa momen paling berkesan dari kategori yang telah melahirkan pahlawan kita selama 24 tahun terakhir.

Dalam kejuaraan dukungan, yang semuanya dimulai pada tahun 2020, kelas FIA WRC2 untuk pabrikan Rally2 yang terdaftar menampilkan perwakilan seperti juara 2020 Toksport (Škoda), Hyundai, M-Sport (Ford), , Sainteloc (Citroën) dan Movisport (Volkswagen).

Mobil dengan spesifikasi yang sama digunakan di Kejuaraan FIA WRC3 untuk peserta swasta, sedangkan format sukses dari seri one-make Ford Fiesta Rally4 yang didukung untuk Kejuaraan FIA Junior WRC tetap tidak berubah dengan tujuan untuk terus mendukung perkembangan bakat muda.

Baru pada tahun 2021, Pirelli telah memulai pada bulan Januari perjanjian empat tahunnya dengan FIA sebagai penyedia eksklusif untuk pesaing terkemuka seri dunia di kelas Top WRC dan Rally2.

Disadur dari link aslinya dari kejuaraan rally dunia 2021

By admin

RSS
Follow by Email
LinkedIn
Share
Instagram
Telegram
WhatsApp